ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA

Authors

  • Riantika Yuliani Universitas Indraprasta PGRI
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Indraprasta PGRI
  • Edward Alfin Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.46306/bay.v1i1.3

Keywords:

Analysis, Proportional Reasoning Ability of Students

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran proporsional siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 2 Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, yang melibatkan 27 siswa sebagai sampel. Instrumen tes kemampuan penalaran proporsional siswa yang digunakan sebanyak 6 soal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran proporsional siswa adalah sebesar 48,46. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Kemampuan penalaran proporsional siswa secara keseluruhan masih tergolong sedang dengan rata-rata skor yaitu 11,63 atau sebesar 48,46%. Kemampuan penalaran proporsional terukur dari indikator mengidentifikasi masalah dengan merumuskan perubahan multiplikatif (perkalian) yang memiliki rata-rata sebesar 5,52; mengidentifikasi perbandingan senilai maupun berbalik nilai memiliki rata-rata sebesar 2,74; dan menyelesaikan masalah melalui pengelompokkan atau penyatuan data memiliki rata-rata sebesar 3,37

References

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arvyaty dan Saputra, C. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Sekolah Menegah Pertama. Universitas Haluoleo. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal: 61 – 72.

Cetin, Hatice dan Erhan Ertekin. 2011. The Relationship Between Eight Grade Primary School Student’s Proportional Reasoning Skills And Success in Solving Question. International journal of instruction e-ISSN: 1308-1470. Vol 4. No. 1.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Indonesia Pusat Bahasa. Edisi IV. Jakarta: Gramedia Utama.

Eka, Ratna dan Susanah. 2013. Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII SMP Negeri II Beji Pasuruan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Vol 2.

Hadi, Sumasno. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 2.

Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mcintosh, Marcie Beck. 2013. Developing Proportional Reasoning In Middle School Student. The University of Utah.

Mundiri. 2010. Logika. Jakarta: Rajawali Pers. Cet ke XIII.

Printer, Queen. 2010. Paying Attention to Proportional Reasoning Support Document for Paying Attention to Mathematical Education. Ontario.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Santosa, Cecep Anwar H. F. 2013. Mengukur Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Siswa SMA Menggunakan Operasi Logika Piaget. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1.

Sa’o, Sofia. 2016. Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika. Universitas Flores. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Vol 1 (1). Hal: 43-56

Shadiq, Fajhar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Walle, John A. Van de. 2010. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika. Jilid 2 Edisi Keenam (diterjemahkan Dr.Suyono, M.SI), Jakarta: Erlangga.

U. S, Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.

Downloads

Published

2021-03-02